Pelatihan Detail
Room Attendant
HALO REKANAKER
SELAMAT DATANG DI PELATIHAN ROOM ATTENDANT
Jika diibaratkan dalam sebuah tubuh, room attendant merupakan jantung dari sebuah hotel. Room attendant mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menjaga kebersihan, kerapian, kenyamanan, dan kelengkapan kamar – kamar tamu. Oleh karena itu, baik buruknya sebuah hotel tergantung dari kualitas room attendant. Melalui pelatihan ini, anda akan dipersiapkan untuk menjadi seorang room attendant yang rajin, teliti dan terampil dalam bekerja sehingga menghasilkan kamar yang bersih, rapi, lengkap dan nyaman.
Materi yang akan dipelajari :
- Menerapkan nilai – nilai dan budaya perusahaan
- Menangani situasi konflik
- Menyiapkan kamar untuk tamu
- Melakukan tugas perlindungan anak yang relevan dengan industri pariwisata
- Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu
- Membersihkan lokasi/area dan peralatan
TATA LAKSANA PELATIHAN
Pelatihan Room Attendant ini dilaksanakan secara blended training yaitu pelatihan yang menggabungkan pelatihan daring (online) dan luring (offline), yaitu :
- Pada pelatihan daring, peserta akan belajar secara mandiri maupun secara tatap muka online yang akan dibimbing oleh instruktur. Pelatihan pada daring ini lebih difokuskan kepada pembelajaran dan pemahaman tentang materi ataupun teori di bidang room attendant. Pelaksanaan daring ini dilaksanakan selama 64 JP (Jam Pelajaran) atau ± 8 hari kerja.
- Pelatihan luring dilaksanakan langsung di Balai Latihan Kerja selama 156 JP atau ± tiga minggu. Pelatihan luring difokuskan kepada pelaksanaan praktek agar peserta dapat menguasai keterampilan dan kompetensi seorang room attendant.
INFORMASI UMUM
- Kuota Pelatihan : 16 peserta
- Durasi Pelatihan : 64 JP (online/e-Training), 154 JP (offline/luring/face-to face)
- Sertifikasi : Ya
- Kelas di BLK : Senin – Jumat, 08.00 – 15.30
- Bobot Nilai Kelulusan Online/e-Training : 40% Tugas, 30% Kuis, 30% Ujian Akhir
No | Nama | Keterangan |
---|
Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja |
Menangani Situasi Konflik |
Menyiapkan Kamar untuk Tamu |
Mengembangkan Lingkungan yang Aman Bagi Anak-Anak di Tujuan Pariwisata |
Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu |
Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan |
Softskill |
Produktivitas |
Melaksanakan Prosedur Klerikal |
Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan |
Melakukan Kerja Dalam Lingkungan Sosial yang Beragam |
Melakukan kerjasama dengan kolega dan pelanggan |
Memperbaharui Pengetahuan Lokal |
Menyediakan Pertolongan Pertama |
Berkomunikasi Secara Lisan Dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar |
Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan |
Mencari dan Mendapatkan Data Komputer |
Ujian Akhir |