Pelatihan Detail

Bakery





HALO REKANAKER

SELAMAT DATANG DI PELATIHAN BAKERY

Apakah anda merasa lapar melihat roti yang baru keluar dari oven? atau bahkan anda harus menelan ludah karenanya? Nah di Pelatihan Bakery ini, anda akan diajarkan bagaimana membuat roti yang berkualitas dan tentunya enak dan menggugah selera. Dalam pembuatan roti sendiri, terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitasnya, antara lain bahan yang digunakan, pembentukan adonan, serta teknologi yang digunakan dalam pembuatan roti.

TUJUAN PELATIHAN

Bakery merupakan program pelatihan yang dirancang untuk mempersiapkan peserta agar mampu dalam memahami pengetahuan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan seorang baker dalam menjalankan tugasnya. Pelatihan Bakery ini disusun dan direncanakan dengan baik, terstruktur, dan disesuaikan dengan kebutuhan industri dan peserta pelatihan agar dapat berwirausaha mandiri.  Pelatihan ini dilakukan oleh instruktur yang akan membimbing dan memandu anda dalam mempelajari pengetahuan dan menguasi keterampilan dari berbagai aspek penting seperti pengunaan peralatan dan bahan baku bakery, teknik pembuatan roti, melakukan komunikasi dan menangani keluhan pelanggan, membersihkan lokasi/area dan peralatan dapur, penyajian makanan, dan lainnya.

TATA LAKSANA PELATIHAN

Pelatihan Bakery dilaksanakan secara blended training yaitu pelatihan yang menggabungkan pelatihan daring (online) dan luring (offline), yaitu :

  1. Pada pelatihan daring, peserta akan belajar secara mandiri maupun secara tatap muka online yang akan dibimbing oleh instruktur. Pelatihan pada daring ini lebih difokuskan kepada pembelajaran dan pemahaman tentang materi ataupun teori di bidang bakery. Pelaksanaan daring ini dilaksanakan selama 64 JP (Jam Pelajaran) atau ± 8 hari kerja.
  2. Pelatihan luring dilaksanakan langsung di Balai Latihan Kerja selama 156 JP atau ± tiga minggu. Pelatihan luring difokuskan kepada pelaksanaan praktek agar peserta dapat menguasai keterampilan dan kompetensi di bidang bakery. 

INFORMASI UMUM

  • Kuota Pelatihan : 16 peserta
  • Durasi Pelatihan : 64 JP (online/e-Training),  154 JP (offline/luring/face-to face)
  • Sertifikasi : Ya
  • Kelas di BLK : Senin – Jumat, 08.00 – 15.30
  • Bobot Nilai Kelulusan Online/e-Training : 40% Tugas, 30% Kuis, 30% Ujian Akhir

 

No Nama Keterangan

Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja
Menyediakan Pertolongan Pertama
Melakukan Kerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan
Mengorganisir dan Menyiapkan Makanan
Menyajikan Makanan
Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan Dapur
Menggunakan Metode Dasar Memasak
Menyiapkan dan Membuat Makanan yang Mengandung Ragi
Softskill
Produktivitas
Ujian Akhir